Senin, 04 Maret 2013

Perangkat Keras dalam Merakit PC

Perangkat Keras dalam Merakit Komputer beserta Fungsinya

1.Casing dan Power Supply



Casing
Casing dan power supply disebut juga unit sistem. Casing adalah sebuah kotak yang mewadahi chip prosesor (CPU), chip memori, dan motherboard serta dilengkapi dengan power supply. Kadang-kadang casing juga berisi alat penyimpan sekunder. Casing terdapat pada komputer model desktop atau tower. Casing berisi power supply dan kipas untuk mencegah panah berlebih.
Power Supply
Arus listrik yang diperoleh dari stop kontak rumah adalah arus bolak-balik (AC, alternating current), sedangkan listrik yang dibutuhkan mikrokomputer adalah arus searah (DC, direct current) untuk itu dibutuhkan power supply. Power supply digunakan  sebagai alat untuk mengubah arus AC ke DC agar komputer bisa bekerja. Jadi, sebenarnya switch on/off yang ada di komputer dipakai untuk menghidupkan atau mematikan arus listrik di power supply. Oleh karena arus listrik dapat menimbulkan panas, maka dibutuhkan kipas yang terpasang di komputer yang berguna untuk menjaga power supply dan komponen-komponen komputer lain agar tidak terlalu panas.   Arus listrik dari stop kontak AC biasanya tidak stabil. Misalnya, tiba-tiba arus listrik naik sehingga sirkuit DC komputer dapat terbakar. Oleh karena itu, lebih baik komputer dihubungkan terlebih dahulu ke alat proteksi daripada mencolokkan langsung ke stop kontak. Terdapat tiga macam alat proteksi yaitu sekring, pengatur tegangan, dan UPS.

2.Mainboard


Motherboard adalah sebuah papan utama dari komputer biasa juga disebut dengan istilah mainboard dan biasa juga ada menyebutnya dengan Mobo. Pada papan utama atau Motherboard itu terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain sebagainya. Sebagai pelengkap anda bisa lihat gambar motherboard dibawah ini: 



ISTILAH PADA MOTHERBOARD

1. BIOS
Singkatan dari Basic Input/Output System. Merupakan kumpulan informasi motherboard dan juga merupakan software berisi perintah-perintah dasar. Fungsi utamanya adalah sebagai sarana komunikasi antara sistem operasi dengan hardware yang terpasang pada motherboard.

2. Bus
Istilah yang menyatakan sistem aliran data yang digunakan hardware yang terpasang pada motherboard untuk berkomunikasi dengan prosesor. Satuan yang digunakan biasanya adalah frekuensi (Hertz) atau lebar bit data.

3. Clock Speed
Istilah ini digunakan untuk menyatakan kecepatan dari sebuah prosesor atau komponen lainnya. Angka clock speed didapat dari perkalian multiplier terhadap FSB. Semakin tinggi clock speed, maka semakin tinggi kinerja yang dihasilkan oleh prosesor atau komponen hardware tersebut. Satuan yang digunakan biasanya adalah megahertz (MHz) atau gigahertz (GHz). Biasanya disebut juga sebagai kecepatan eksternal dari sebuah prosesor.

4. FSB
Singkatan dari Front Side Bus, yaitu bus utama yang menghubungkan antara prosesor dengan chipset motherboard. Satuan yang digunakan adalah megahertz (MHz).

5. Heatsink
Komponen yang diletakkan di atas prosesor. Fungsinya adalah menyerap panas yang dihasilkan saat prosesor bekerja. Biasanya sebuah heatsink dilengkapi sebuah kipas untuk menjaga agar suhu prosesor tetap stabil.

6. Overclocking
Suatu teknik yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja prosesor, memori, atau kartu grafis, dengan cara meningkatkan FSB atau clock speed komponen tersebut. Teknik ini memerlukan sebuah system pendingin khusus pada komponen, karena menghasilkan panas berlebih, di mana panas berlebih ini dapat merusak sistem. PC

Fungsi Mainboard :
*           Secara umum, motherboard mempunyai fungsi berikut ini :
*      Organisasi, mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa dipasang padakomputer
*           Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsi mengatur data komponen komputer lain
*      Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard

3.Prosessor
Prosesor sering disebut juga sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh komponen lainnya.Prosesor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah system computer dan digunakan sebagai otak atau pusat pengendali yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.Prosesor terletak pada soket yang terdapat pada mainboard dan dapat diganti dengan prosesor yang lain asalkan sama dengan soket yang ada pada mainboard.Prosesor mempunyai banyak merk yang beredar dipasaran diantaranya: AMD,Intel,Apple,Cyrix,VIA,IBM,dan IDT.

Gambar 7. Jenis prosesor
Bagian yang terpenting dari prosesor dibagi menjadi 3 yaitu:
1. Control Unit (CU).
2. Memori Unit (MU).
3. Aritcmatics Logical Unit (ALU)

Unit kontrol

Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.Bila ada instrikasi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika,maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU.Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan dan pada saatnya disajikan kea lat output.
Tugas dari unit kontrol adalah :
Mengatur dan mengendalikan alat – alat input dan output.
Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
Mengambil data dari memori utama ( jika diperlukan ) untuk diproses,mengorim instruktur ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perdandingan logika serta mengawasi kerja ALU .
Menyimpan hasil proses ke memori utama.



Memori unit



Merupakan alat penyimpanan kecil yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses.Memori ini bersifat sementara biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.
Secara analogi memori unit ini dapat diibaratkan sebagai ingatan diotak kita yang memiliki ingatan-ingatan,satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan menpunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika .


Aritcmatics Logical Unit


Unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmatika dan operasi logika berdasarkan instruksi yang ditentukan .ALU sering disebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian yaitu unit aritmatika dan unit logika Boolean yang masing-masimg memiliki spesifikasi tugas sendiri.Tugas utama ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika)yang terjadi sesai dengan instruksi program.ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.
Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu yaitu sama dengan (=),tidak sama dengan (‘),kurang dari(<),lebih besar dari(>).

Fungsi prosesor
Fungsi Prosesor adalah untuk memproses data yang diterima dari masukan (input) yang seterusnya akan menghasilkan keluaran (output).Pada waktu prosesor memperoses data ,prosesor juga akan terhubung dengan komponen computer yang lain , terutama Hardisk dan RAM.


4.Memory (RAM)


RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan berbagai data dan instruksi program. Berbeda dengan tape magnetik atau disk yang mengakses data secara berurutan, isi dari RAM dapat diakses secara random atau tidak mengacu pada pengaturan letak data. Data di dalam RAM bersifat sementara, dengan kata lain data yang tersimpan akan hilang jika komputer dimatikan atau catu daya yang terhubung kepadanya dicabut.
            RAM biasa juga disebut sebagai memori utama (main memory), memori primer (primary memory), memori internal (internal memory), penyimpanan utama (primary storage), memory stick, atau RAM stick. Bahkan terkadang orang hanya menyebutnya sebagai memorimeskipun ada jenis memori lain yang terpasang di komputer.
            RAM merupakan salah satu jenis memori internal yang mendukung kecepatan prosesor dalam mengolah data dan instruksi. Dengan menggunakan tambahan RAM ke dalam komputer dapat menghasilkan pengaruh positif pada kinerja dan kecepatan komputer, meskipun RAM sebenarnya tidak menentukan kecepatan komputer

5.Video Graphic Adapter (bila tidak built-in dengan mainboard)
Video Graphics Array (VGA), adalah merupakan sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitordan kartu grafis.
Sebuah kartu grafis: "Cirrus Logic").
Video Graphics Array (VGA) ini biasa dinamakan juga dengan video card, video adapter, display card, graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapter. Istilah VGA sendiri juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apapun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputerke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.
Fungsi VGA Card, yang sering disebut Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card, adalah berfungsi untuk menerjemahkan/mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game.VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. Chipset/prosesor pada kartu VGA, banyak sekali macamnya karena tiap-tiap pabrik kartu VGA memiliki Chipset andalannya. Ada banyak produsen Chipset kartu VGA seperti NVidia, 3DFX, S3, ATi, Matrox, SiS, Cirrus Logic, Number Nine (#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB, OTi, dan sebagainya.

6.Hard disk (HDD)
Harddisk me  rupakan ruang simpan utama dalam sebuah computer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan. Dalam sebongkah harddisk, terdapat berbagai macam ruangruang kecil (direktori, folder, subdirektori, subfolder), yang masing-masing dikelompokkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Di situlah data-data diletakkan. Ruang kecil dalam harddisk bekerja dalam logika saling tergantung (interdependent). Data/informasi dalam satu ruang kadangkala diperlukan untuk menggerakkan data/ informasi yang berada di ruang lain. Ada ruang di mana data di dalamnya tidak boleh diutak-atik atau dipindahkan ke tempat lain, ada ruang di mana kita bisa membuang dan menaruh data secara bergantian sesuai kebutuhan. Harddisk terdiri atas beberapa komponen penting. Komponen utamanya adalah pelat (platter) yang berfungsi sebagai penyimpan data. Pelat ini adalah suatu cakram padat yang berbentuk bulat datar, kedua sisi permukaannya dilapisi dengan material khusus sehingga memiliki pola-pola magnetis. Pelat ini ditempatkan dalam suatu poros yang disebut spindle.


7.Floppy disk drive (FDD).
            Floppy Disk adalah sebuah perangkat penyimpanan komputer portable yang jaya pada era tahun 1990-an. Sempat populer karena dapat mengangkut file dari komputer ke komputer lain. Seiring perkembangan zaman Floppy Disk telah bergeser dan berkembang pesat ke teknologi yang lebih maju.
            Floppy Disk berfungsi untuk menyimpan data dengan memory terbatas yang hanya mencapai 1.44 Mb saja. Data yang di simpan juga dapat di akses ke komputer lain bertujuan untuk mengangut data di dalam Floppy Disk untuk kemudian dapat di akses isinya.


8.Monitor
Monitor merupakan salah satu perangkat keras (Hardware) yang digunakan sebagai penampilan output video dari pada sebuah komputer, dan kegunaannya tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pemakaian suatu komputer, sehingga dikarenakan monitor itu sebagai penampilan gambar maka tentunya komputer sangat sulit digunakan dan bahkan sama sekali tidak dapat digunakan tanpa menggunakan komputer. 
Monitor komputer merupakan sejenis peranti persisian output yang berupaya memaparkan aksara dan/atau imej, baik diam atau bergerak, yang dijanakan oleh komputer dan diproseskan oleh kad grafik. Tedapat empat jenis Monitor, iaitu Monitor monokrom, Monitor warna, Monitor segerak berbilang, dan Monitor ELD (Elektro Luminescent Display). Setiap Monitor mempunyai ciri-ciri dan sejarah tersendiri. Mutu Monitor tergantung kepada beberapa faktor. Yang terutama ialah bilangan piksel yang dipaparkan oleh skrinnya; lebih banyak pikselnya, lebih tajamnya teks dan grafik yang dipaparkan.
Pada awalnya semua monitor adalah dari jenis tiub sinar katod (CRT) sama seperti yang digunakan pada tiub televisyen, namun kini monitor jenis LCD semakin digemari kerana monitor LCD menggunakan ruang yang kecil, ringan serta lebih menjimatkan tenaga elektrik berbanding monitor CRT


9. Keyboard
Keyboard adalah perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dengan berbagai macam fungsi perintah yang selanjutnya dikirim ke perangkat CPU. Keyboard terdiri dari banyak tombol ketik dengan simbol masing-masing. Mulai dari awal ditemukannya sampai sekarang, keyboard sudah mengalami banyak penyesuaian. 
Fungsi keyboard adalah mengirimkan perintah dari tiap huruf maupun angka yang kita ketikkan kemudian menyampaikannya ke CPU dan selanjutnya perintah manual tersebut akan di rubah menjadi sinyal-sinyal digital sehingga dapat dimengerti oleh prosessor. 

10. Mouse
            Mouse adalah salah satu perangkat komputer yang berbentuk bulat dan memiliki alat sensor di bagian bawah body mouse. Mouse ada beberapa macam mulai dari mouse optik, mouse scroll, dan juga wireless mouse yang mengunakan fungsi bluetooth.
            Fungsi mouse adalah sebagai media input dari gerakan manual dan di ubah menjadi perintah data pada CPU. Fungsi mouse ini sangat vital, karena mouse merupakan komponen penting penunjang kerja sebuah komputer.

1 komentar:

Silahkan Tuliskan Komentar Anda